Kamis, 10 Mei 2012

Cara install Windows XP dengan mudah

 

Windows XP masihlah Operating System ( OS ) yang paling banyak diminati orang meskipun kakaknya Windows vista telah beredar di pasar. Perkiraan saya Windows XP akan masih lama sebagai favorit dan belum bisa dikalahkan Vista. Entahlah dengan windows 7 yang sedang dirilis microsoft saat ini. Mudah - mudahan ini lebih mantap lagi nantinya.

Nah bagi anda yang belum tau bagaimana cara install windows XP saya akan tuliskan cara-cara nya. Daripada harus minta install ama orang lain / toko , maka kita harus menyiapkan uang tambahan.

Apa yang dibutuhkan untuk instal / setup Windows XP ? Yang pertama anda harus mempunyai komputer , jika belum ada anda bisa rakit sendiri  , atau beli aja. Selanjutnya anda harus punya installer Windows XP ( agar gak melanggar hukum pilih yang original ya .. ) dan catat serial number nya . Anda juga harus menyiapkan CD driver bawaan motherboard komputer anda dan CD driver untuk card tambahan.

Berikut cara mudah menginstall Windows XP anda :


  1. Setting bios agar booting dari CD room. (Default nya sih boot dari CD room)

  2. Hidupkan komputer dan massukkan CD installer Windows XP

  3. Tekan sembarang Tombol ketika ' Press Any Key to boot from CD...' muncul di monitor

  4. Process dimulai dan tunggu sampai " Welcome to Setup " dan diikuti text untuk pilihan

  5. Tekan Enter untuk install windows XP

  6. Selanjutnya muncul EULA ( End User License Agreement ) , baca itu dan tekan F8 tandanya anda setuju. Jika anda tidak setuju ( ESC ) maka proses install akan batal.

  7. Selanjutnya anda diminta untuk memilih partisi. Untuk system ( Windows ) biasanya kita pakai partisi C : . Tekan enter dan di monitor akan tampil pilihan untuk memformat partisi hardisk anda.

  8. Anda bisa memilih format mode apa saja. Tapi saya sarankan gunakan "Format the partition using the NTFS file system" untuk security yang lebih bagus. Tekan enter dan proses format dimulai.

  9. Setelah process format selesai , setup akan otomatis mengcopy file yang diperlukan dari CD ke hard disk anda. Selesai copy maka Setup akan merestart komputer kita delay beberapa second atau tekan enter agar tidak ada delay.

  10. Pada saat restart akan muncul lagi ' Press Any Key to boot from CD...' di monitor. Kali ini biarkan saja ( jangan tekan apa-apa agar komputer boot dari harddisk.

  11. Tulisan Microsoft Windows XP akan muncul saat booting. Dan komputer akan mengcopy lagi file - file dari CD ke harddisk. Biarkan saja sampai ada muncul dialog window di monitor.

  12. Yang pertama perlu diisi pada saat "Regional and language setting" window muncul dilayar. Klik "Costumize" dan pilih negara , bahasa lalu tutup window ini dengan menekan tombol OK dan klik Next

  13. Lalu install akan menanyakan nama dan organisasi anda. Isilah yang diminta dan tekan Next

  14. Setelah itu anda diminta mengetik serial number ( Product key ) . Isi yang benar ya..

  15. Selanjutnya muncul window 'Computer name and administrator password'. Isilah dengan nama komputer yang anda inginkan , bisa aja nama anda , nama anak anda , apa aja deh. Baru isi password untuk administrator. Anda harus mengingat password ini. Klik Next lagi.

  16. Muncul dialog "Date and time setting" . Isilah waktu saat ini dan time zone anda. WIB time zone nya GMT+7 ya.. Next

  17. Akan muncul window "Network setting" dan "Workgroup or Computer domain" klik Next saja untuk pilih dafault.

  18. Tunggu beberapa saat dan komputer anda akan restart kembali.

  19. Saat komputer keluarkan CD installer Windows XP anda.

  20. Komputer akan setting resolusi display otomatis. Anda cukup klik OK saja

  21. Tampilan "Welcome to Microsoft Windows " muncul di layar dan klik Next

  22. Pada saat muncul "Help Protect your PC" tampil , pilih saja "Not right now " dan Next

  23. Komputer minta anda mengisi nama yang akan menggunakan komputer anda. Paling tidak anda harus mengisi satu nama user. Untuk menambah nanti anda bisa lakukan kapan saja.

  24. Thank You , Welcome dan Windows XP anda akan terbuka untuk pertama kalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar